Sistem Terbaik Merawat Rantai Motor Dengan Gampang

 
 
Merawat dan menjaga kebersihan rantai motor sebaiknya jangan dianggap remeh. Komponen yang betul-betul penting ini dapat kendur dan rusak sebab bermacam elemen. Kalo diperkenankan kelamaan, nggak hanya bagian ini saja yang rusak, melainkan juga keseluruhan motor itu sendiri. Nah, biar perjalanan bermotor Sobat Bikers senantiasa aman dan lancar, simak yuk kiat merawat rantai motor berikut ini!
 
Baca : Anti karat
 
Pelumas Khusus Untuk Merawat Rantai
Agar bagian pencetus ini konsisten awet, kalian mesti rajin-rajin mengaplikasikan pelumas pada rantai motor. Pelumas ini berfungsi untuk melumasi sampai ke celah mata rantai. Kecuali itu, pelumas juga membantumu membersihkan dengan lebih praktis dan gampang. Banyak kok produk perawatan yang dipasarkan di kios-kios aksesoris maupun bengkel. Biasanya chain lube ini dikemas dalam botol aerosol atau semprotan. *Catatan : pakai chain lube, jangan hingga ketuker chain cleaner!
 
 
Hindari Oli Bekas Untuk Melumasi
Berdaya lebih praktis dan lebih murah, lazimnya ada saja bikers yang mengaplikasikan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Menggunakan oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan melekat di rantai dan membikin rantai jadi nggak awet. Lebih bagus mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube ketimbang repot mengganti rantai motor yang rusak nantinya.
 
Baca juga : Harga wd 40
 
Rutin Merawat Kebersihan Rantai 
Nah, ini hal yang betul-betul penting dalam menjaga keawetan rantai motor. Seiring penerapan pada cuaca hujan ataupun panas, pasti rantaimu menjadi dekil dan berdebu. Khusus dikala musim hujan, dipastikan rantai mudah banget dekil. Nah, kalo telah seperti ini, jangan maksain motor buat nerjang lokasi banjir ya! Kotoran berupa pasir yang terbawa air banjir bakal dapat dipastikan merusak bagian rantai lebih kencang. 
 
Oleh sebab itu, sobat sepatutnya rutin membersihkannya sesegera mungkin jikalau bagian ini telah tampak dekil. Caranya sederhana kok, sobat dapat pakai sabun colek + bensin dan sikat gigi, atau dapat pakai pilihan lain seperti chain cleaner. Kecuali tampak bersih, rantai motor jadi awet deh.
 
 
Amati Setelan Rantai Motor
Jangan lupa untuk mengecek situasi ketegangan rantai biar tahu kendor atau justru terlalu kencangkah rantai sobat bikers. Karena ada sebagian elemen yang menyebabkan bagian ini jadi kendor, salah satunya sebab aus. Sobat dapat menyelesaikannya dengan setting kembali kekencangan rantai dengan gampang kok. 
 
Semacam caranya, 
 
Kendorkan mur as roda secukupnya. 
Kemudian amati posisi diatas as sumbu roda lazimnya terdapat garis-garis atau jenjang posisi maju mundurnya. 
Lakukan pada sisi kiri (sisi rantai) lebih-lebih dahulu, kencangkan baut setelan rantai sampai rantai sedikit pesat. 
Terakhir, amati posisi pada jenjang (garis) untuk disamakan pada sisi satunya. 
Kalo Sobat Bikers kurang berpengalaman atau nggak berani mencoba trik diatas, tinggal kalian pasrahkan pemeriksaan dan penyetelan terhadap ahlinya ya.
 
 
Pakai Sparepart Autentik
Ketimbang  mengaplikasikan gir dan rantai yang palsu, lebih bagus sobat mengaplikasikan yang autentik dan absah dari pabriknya. Padahal sangat ramah kocek, nantinya bahkan akan direpotkan sekiranya mengaplikasikan rantai dan gear palsu yang justru mudah rusak. Untuk itu, mesti lantas mengganti rantai dan gear motor kalian dengan yang autentik yang telah terjamin kualitasnya.  Sekiranya sobat rajin, sesungguhnya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diharapkan. Nggak berkeinginan kan tiba-tiba rantai bahkan putus dikala sedang berkendara? Nah, itulah kiat merawat rantai motor agar awet. Jangan hingga nantinya bahkan menyusahkan diri sendiri sebab mengacuhkannya. 
 
 
Terkait : Jual wd 40
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 26 Agustus 19 - 13:41 WIB
Dalam Kategori : PELUMAS RANTAI, OTOMOTIF
Dibaca sebanyak : 104 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback