Pertanda Mesin Overheat dan Metode Memecahkannya

Mesin yang dipaksa terlalu keras bisa membuatnya pesat panas. Dalam kondisi tertentu, mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan pada kendararan Anda. Pemilihan oli yang diterapkan sebagai pendingin sesungguhnya bisa meminimalisir terjadinya kerusakan. Tetapi, sebaik apa saja ragam oli dan mesin yang diterapkan, akan keropos juga seiring berjalannya waktu. Sebelum dapat menyelesaikan mesin yang overheat, kita patut mengenal secara khusus dulu penyebab mesin mengalami overheat. Dikabarkan Popular Mechanics, ada sebagian hal yang menjadi penyebab mesin mengalami overheat.
 
Metode pendingin yang bermasalah
Penyebab paling lazim merupakan dilema pada cairan pendingin kendaraan beroda empat. Cairan ini bertanggung jawab mendinginkan kendaraan beroda empat Anda. Seandainya ada kebocoran pada saluran cairan ini, karenanya kemungkinan besar segala cairan di dalamnya akan turut keluar. Cek di semua komponen mesin, apakah terjadi kebocoran atau tak, dan pastikan di komponen mana yang terjadi kebocoran. Seberapa pesat mesin Anda mengalami pemanasan juga bertumpu pada temperatur lingkungan di luar kendaraan beroda empat Anda. 
 
 
Kecuali itu, kecepatan pemanasan juga bertumpu pada ada atau tidaknya udara yang beredar di dalam mesin. Bagaimanapun juga, mesin akan mengalami overheat di sebagian spot. Jadi, usahakan jangan pernah berkendara tanpa pendingin. Kalau cairan pendingin masih bermasalah melainkan tak tejadi kebocoran, karenanya dapat jadi ada saluran yang tersumbat. Kotoran atau partikel-partikel lain bisa menghalangi sirkulasi cairan ini, atau malahan menyumbat saluran sepenuhnya. Jika memang terjadi penyumbatan, karenanya semua cairan yang ada di dalam saluran patut dikeluarkan secara khusus dulu untuk menemukan di komponen mana yang terjadi penyumbatan. Tetapi belum tentu segala masalahnya berasal dari cairan pendingin. 
 
Kehabisan oli juga bisa berakibat pada peningkatan temperatur mesin kendaraan. Oli diterapkan untuk melumasi mesin supaya tidak mengalami friksi secara segera. Seandainya habis, karenanya friksi yang dimunculkan bisa memanaskan mesin secara lebih pesat. Acap-sering kali periksa kadar oli pada mesin sebelum berkendara. Mengganti oli secara terprogram  juga bisa mengurangi kemungkinan habisnya oli di tengah perjalanan.
 
Kerusakan Pada Metode Pendingin 
Di sisi lain, kemungkinan terjadi kerusakan pada metode pendingin. Contohnya, kerusakan water pump dan kerusakan termostat kendaraan beroda empat bisa menyebabkan kerja metode pendingin yang kurang maksimal. Radiator ialah bagian kunci dalam metode pendinginan kendaraan beroda empat. Kebocoran dan penyumbatan pada radiator bisa menjadi dilema. Kecuali itu, kipas yang patah juga lazimnya menjadi penyebab temperatur tinggi pada kendaraan beroda empat. Kipas akan hidup secara otomatis dikala berada di kemacetan untuk menyalurkan udara dingin ke mesin. Jika kipas gagal berfungsi, karenanya kenaikan temperatur akan pesat terjadi dikala macet. Temperatur ekstrem bisa membikin kendaraan beroda empat pesat panas pula. Walaupun banyak kendaraan beroda empat yang dirancang untuk berkendara di temperatur yang ekstrem, melainkan unsur umur juga bisa mengurangi performa mesin. Senantiasa cek pengingat temperatur pada panelmeter kendaraan beroda empat dikala berkendara di manapun. 
 
Memecahkan Overheat Pengendara kadang luput memeriksa keadaan kendaraannya, termasuk memeriksa temperatur dikala berkendara. Jika telah terlanjur overheat, apa yang dapat kita lakukan? Dikabarkan dari web rac.co.uk, bila temperatur mesin telah kelewat tinggi, karenanya langsung pinggirkan kendaraan beroda empat secara khusus dulu, lalu matikan mesin. Suruh segala penumpang untuk keluar dari kendaraan beroda empat sesegera mungkin. Buka kap kendaraan beroda empat melewati dalam kabin kalau memungkinkan. Jika tak, karenanya buka secara manual dengan memakai sarung tangan. Kap kendaraan beroda empat Anda mungkin turut panas juga. Lalu, diamkan kendaraan beroda empat selama minimal 30 menit supaya mesin menjadi dingin. Jangan pernah membuka tutup radiator dikala keadaan kendaraan beroda empat masih benar-benar panas. Jika nekat, Anda dapat terkena luka bakar sebab uap yang dibuat dari dalam tangki radiator bertekanan dan bersuhu tinggi. 
 
 
Tunggu sampai mesin dingin, dan buka secara pelan memakai sarung tangan sebagai pelindung. Sesudah mesin benar-benar dingin, cek tangki pendingin di samping radiator. Kalau kosong, berarti cairan pendingin Anda telah habis, atau malahan bocor. Cek apakah ada pertanda kebocoran, seperti tetesan air di bawah kendaraan beroda empat Anda. Isi tangki yang habis dengan cairan pendingin, atau campuran air hangat dengan cairan pendingin. Hindari mengisi air secara segera ke tangki, apalagi mengisi tangki dengan air dingin sebab bisa merusak mesin kendaraan beroda empat Anda. Seandainya tangki pendingin masih penuh, karenanya ada yang salah dengan metode permesinan kendaraan beroda empat Anda, bagus dilema pada metode pendingin sampai yang lebih serius. Hubungi mekanik profesional untuk penanganan lebih lanjut.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 04 November 19 - 09:49 WIB
Dalam Kategori : PERKAKAS OTOMOTIF MURAH, PERALATAN BENGKEL MURAH
Dibaca sebanyak : 26 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback