PENJELASAN TENTANG KUNCI PAS

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengajak Anda untuk lebih mengenal perangkat atau tools yang banyak diterapkan pada bidang otomotif dan pabrik serta atau juga diterapkan di kalangan rumah sebagai alat pendorong koreksi. Dikala ini ada 2 alat tolong kerja yang diterapkan, merupakan alat tangan dan alat mesin. kedua alat hal yang demikian dibedakan atas kekuatan pemrakarsanya di mana alat mesin untuk menggerakkannya memakai kekuatan mesin, dan  alat tangan memakai kekuatan manusia. Dengan kata lain alat tangan yaitu alat tolong kerja yang penerapannya senantiasa memakai kekuatan tangan manusia.
 
Kelengkapan yang akan di bahas berikut ini termasuk dalam klasifikasi alat-alat tangan (Hand Tools) kunci tepat/wrench. Alat tolong ini  yaitu alat yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi khrom  atau nikel  supaya tak gampang aus di mana fungsi kunci ini diterapkan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut / mur. Memasang dan melepas baut /mur, skrup, snapring yaitu profesi yang hampir senantiasa ada disetiap unit kompetensi koreksi kendaraan otomotif. 
 
Kelengkapan untuk memasang/ melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam (Hexagonal) disebut kunci tepat/ ring/ kombinasi segi enam (Wrench Hexagonal) dan untuk kepala baut segi empat disebut Wrench Square. Kunci diciptakan dengan bermacam-macam format untuk tujuan pengaplikasian pada bermacam-macam keadaan, posisi dan dimensi baut/mur.
 
Kunci kombinasi sesungguhnya ialah penggabungan dari kunci tepat dengan kunci ring. Sehingga kegunaan kunci kombinasi ialah gabungan dari kunci tepat an kunci ring pas pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama dan ialah kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci tepat dankunci ring. Kedua tipe kepala dengan ukuran segi enam yang sama dapat terdapat pada tangkai sebuah kunci tepat. Tipe ini diketahui dengan kunci tepat”kombinasi”. Ukurannya dicap muncul pada tangkanya berkisar antara 6mm hingga dengan 32 mm. Biasanya, bagus offset ujung ring ataupun ujung terbukanya dibentuk 15 derajat kepada tangkainya. Combination Wrench/Kunci Kombinasi/Kunci Ring Tepat yaitu Kunci yang mempunyai 2 ujung yang berbeda, merupakan Ring/End (Bulat) dan Tepat/Open (U) namun keduanya mempunyai ukuran yang sama.
 
Kunci tepat (Open end wrench)
Kunci tepat terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium, dengan tangkai (shank) menyusun sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya dan 90 derajat yang terdapat pada kunci tepat khusus. Kunci tepat lazimnya diciptakan menjadi dua kunci yang ukuran masing-masing berbeda. Semisal; ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Ukuran kunci menonjolkan lebar dari mulut kunci yang yang berati juga menonjolkan lebar kepala baut atau mur.
 
Satuan ukuran kunci tepat terdiri dari ukuran metrik (mm) dan imperial (inch). Ukuran satuan metrik tersedia ukuran dari 4 mm hingga dengan ukuran 80 mm. Dan yang lazim digunkan di bengkel otomotif yaitu ukuran 6 mm dengan kenaikan tiap 1 mm sampai ukuran kunci 36 mm, selain ukuran 31 mm, 33 mm, 34 mm, dan 35 mm tak disediakan.
 
Baca juga : Harga tang
 
Kunci ring (Box wrench)
Kunci ring juga terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang memiliki peristiwa pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan bisa berprofesi pada ruang yang terbatas.
 
Pada ujung-ujung kepala kunci ini, terdapat cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter di dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan ringan dari kunci tepat dan memberikan cengkraman pada segala kepala baut atau mur. Kunci ring memiliki tangkai lebih panjang dibandingi dengan kunci tepat, gaya tuasnya lebih besar kalau dibandingi dengan gaya tuas kunci tepat.
 
Kunci kombinasi (Combination wrench)
Kegunaan kunci kombinasi ialah gabungan dari kunci tepat an kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama dan ialah kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci tepat dan kunci ring, dan lebih sederhana. Kunci ini amat berkhasiat dikala menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda.
 
Kunci ini dengan tipe kepala bersegi 6 yang sama dan ukurannya berkisar antara 6 mm hingga dengan 32 mm. Kelemahan kunci tepat dan kunci ring yaitu tak bisa menjangkau kepala baut dan mur yang lokasinya tersembunyi dan peristiwa atau torsi pengencangannya cukup kecil.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 11 September 19 - 09:56 WIB
Dalam Kategori : KUNCI RING PAS, OTOMOTIF, HAND TOOLS
Dibaca sebanyak : 200 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback