Mengenal Kurikulum serta Sistem Pendidikan untuk Buah Hati

Mengenal Kurikulum serta Sistem Pendidikan untuk Buah Hati
Tahun ajaran baru akan seketika diawali. Perburuan untuk mencari sekolah-sekolah lanjutan SMP, dan SMA/SMK akan telah diawali. 
 
Tapi sekolah negeri dan jalanan PPDB bukan satu-satunya sistem untuk menerima sekolah unggulan. Sekolah swasta juga banyak yang dapat jadi opsi. 
 
Sebelum memilih sekolah mana yang terbaik, Anda juga patut memperhatikan dan mengenali cara kurikulum yang ideal dan ada di Indonesia.
 
Kurikulum yang ideal dan cocok dengan potensi buah hati bisa mendukung bakat yang dimiliki buah hati.
 
Dikutip dari beraneka sumber, kenali sebagian kurikulum yang ada di Indonesia sebagai rujukan memilih sekolah yang ideal untuk buah hati.
 
1. Kurikulum Nasional
Pada tahun ajaran 2019/2020 seluruh sekolah di Indonesia, negeri dan swasta semestinya menerapkan kurikulum nasional. Kurikulum yang diaplikasikan itu yaitu Kurikulum 2013 (K-13). Ini cocok dengan Tertib Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 seputar Pelegalan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum Tahun 2013.
 
 
Kurikulum 2013 mempunyai empat aspek pengevaluasian, adalah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku. Dalam kurikulum ini terdapat sebagian bobot pembelajaran semestinya seperti pengajaran agama dan budi pekerti, pengajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa Inggris.
 
2. Kurikulum Cambridge
Sebagian Satuan Pengajaran Kerja Sama (SPK) di Indonesia juga boleh tak memakai K-13 secara keseluruhan sesudah berprofesi sama dengan Institusi Pengajaran Asing. 
 
Sekolah ini semestinya memberikan bobot pembelajaran untuk warga negara Indonesia berupa Pengajaran Agama dan Budi pekerti, PPKn, dan Bahasa Indonesia. Biasanya, kurikulum ini dipakai pada sekolah internasional. 
 
Salah satu kurikulum yang berlaku yaitu Kurikulum Cambridge International. Kurikulum yang berasal dari Inggris ini mengklasifikasikan level belajar dalam empat komponen adalah; Cambridge Primary untuk umur 5-11 tahun; Cambridge Lower Secondary untuk umur 11-14 tahun; Cambridge Upper Secondary untuk umur 14-16 tahun; dan Cambridge Advanced untuk umur 16-19 tahun.
 
Kurikulum ini disebut memberikan peluang pada siswa memilih pembelajaran yang paling diminati. 
 
3. International Baccalaureate (IB)
Kecuali Cambridge, juga terdapat kurikulum International Baccalaureate yang berasal dari Swiss. IB mempunyai empat program pengajaran ialah Primary Years Programme untuk umur 3-12 tahun, Middle Year Programme (MYP) untuk umur 11-16 tahun, Diploma Programme untuk umur 16-19 tahun, dan Career-related Program untuk umur 16-19 tahun.
 
 
Kurikulum ini menekankan pada berdaya upaya bebas, kreatif, berkarakter, dan berwawasan global.  Pada program ini, peserta ajar dibimbing berdaya upaya kritis dan belajar mandiri. Terdapat tiga pengevaluasian yang dipandang dari program IB adalah esai, pemahaman teori, dan proyek atau eksperimental.
 
4. Cara Amerika Serikat
Sebagian sekolah di Indonesia juga menggunakan cara kurikulum yang mengadopsi kurikulum dari Amerika Serikat seperti Accelerated Christian Education (ACE) atau School of Tomorrow (SOT). 
 
Kurikulum ini menekankan pada progres belajar mulai dari intelegensi, emosional, spiritual, dan keseimbangan otak kiri dan otak kanan.
 
Kurikulum Amerika juga memaksimalkan kecakapan mengatasi problem dan konsentrasi pada sains, teknologi, engineering, seni, dan matematika (STEAM). Kurikulum ini tersedia untuk umur 3-18 tahun. 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 12 Juni 19 - 20:09 WIB
Dalam Kategori : PENDIDIKAN
Dibaca sebanyak : 373 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback