Calvin Russell
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Aluminium Composite Panel Pada Bangunan

Mengenal Aluminium Composite Panel Pada Bangunan
Bangunan terbesar dalam sejarah dibuat dengan hati-hati dengan menyatukan batu bata. Batu bata yang dipadukan dengan beton, kayu, dan baja menciptakan beberapa mahakarya terbesar yang pernah ada di dunia. Tidak ada orang yang dapat menyangkal pentingnya bahan-bahan ini dalam arsitektur dan industri konstruksi.
 
Tetapi, karena dinding beton dan bercat memiliki beberapa kekurangan, begitu pula kayu dan baja, maka dari itu, saat ini, banyak bangunan yang dibangun menggunakan ACP. Anda mungkin melihatnya setiap hari, tetapi Anda tidak tahu apa itu. Jika Anda ingin tahu mengenai produk ini, mari simak penjelasan di bawah ini.
 
Aluminium Composite Panel Adalah Solusi Bahan Konstruksi yang Sempurna
Bahan konstruksi yang sempurna memiliki dua karakteristik utama. Pertama, harus ringan dan yang kedua, harus mudah digunakan. Berdasarkan karakteristik ini, batu bata, beton, kayu, dan baja bukanlah bahan konstruksi yang sempurna. Oleh sebab itu, selama bertahun-tahun dan berabad-abad, para arsitek memiliki masalah dalam menemukan material konstruksi yang sempurna. Setelah itu, aluminium mulai digunakan dalam arsitektur, tetapi itu menyebabkan beberapa komplikasi. Solusi bahan konstruksi yang sempurna pun diperkenalkan pada tahun 1969, yaitu berupa aluminium yang digunakan dalam produksinya. Dengan produk ini, itu dapat menyempurnakan tampilan langit kota dan para arsitek pun sangat kagum dengan hasilnya.
 
Sempurna untuk Sistem Pelapis Eksterior
Secara sederhana, aluminium composite panel adalah dua lembaran aluminium dengan inti termoplastik yang terbuat dari polietilen yang menyatukannya. Karena strukturnya ini, aluminium composite panel sangat cocok untuk sistem pelapis eksterior. Dalam bahasa arsitektur, pelapis adalah proses ketika bahan fasad bangunan ditutup dengan bahan lain untuk melindungi bangunan dari cuaca dan/atau untuk menciptakan sentuhan akhir yang elegan dan modern pada bangunan. Selain penggunaan eksternal, produk ini juga dapat digunakan dalam desain interior.
 
Harga Murah dan Bisa Dibentuk Dengan Baik
Keuntungan utama dari produk ini adalah harganya yang rendah dan dapat dipotong dan dibentuk dalam berbagai ukuran atau bentuk. Selain itu, ACP juga dapat diwarnai dengan warna apapun dan dapat meniru bahan lain, seperti kayu. Aluminium lebih ringan dari bahan panel lainnya. Dibandingkan dengan bahan aluminium lainnya, ini juga sangat tahan lama karena memiliki faktor keawetan yang alami. Ketika terkena udara, ia membentuk lapisan khusus aluminium oksida yang melindungi panel dari perakaran, karat, dan korosi. Aluminium composite panel mengalami proses yang disebut anodisasi yang meningkatkan ketebalan panel aluminium.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 25 Juni 21 - 14:52 WIB
Dibaca sebanyak : 78 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback