Mengapa Anak Usia 2 Tahun Sangat Disarankan Untuk Bersekolah?

 

Anak yang cerdas adalah impian semua orangtua. Untuk dapat mengasah kecerdasan anak sejak kecil, maka diperlukan latihan atau kegiatan yang mampu memberikan stimulasi atau merangsang kemampuan dasarnya.

 
Golden age: usia penting dalam pendidikan anak usia dini
Ketika anak-anak masih kecil, mereka memiliki kemampuan belajar seperti layaknya spons. Setiap pengalaman baru, setiap kata yang mereka pelajari, setiap perilaku yang mereka adopsi adalah investasi untuk masa depan yang lebih bermanfaat.
 
Seperti yang disampaikan dalam Sensory Pyramid of Learning, sistem saraf pusat anak terkait erat dengan sistem sensorik mereka.
 
Pengembangan sistem sensorik yang memadai (dari sistem sentuhan, vestibular, proprioseptif, penciuman, visual, auditori, dan gustatory) akan mendukung perkembangan motorik perseptual anak, termasuk koordinasi mata-tangan, kontrol motorik okular, penyesuaian postural, keterampilan bahasa pendengaran, persepsi visual-spasial, dan fungsi pusat perhatian anak. Dan kemampuan sensorik dan motorik yang kuat ini akan membantu perkembangan kognitif anak, termasuk dalam hal berkomunikasi dan bersosialisasi.
 
Oleh karena itu, periode sejak anak lahir hingga kurang lebih usia 6 tahun dipercaya sebagai periode keemasan (golden age) di mana anak mengalami perkembangan yang pesat terutama dalam kecerdasan otak. Untuk membantu anak mencapai perkembangan otak yang maksimal, maka Anda dapat membantunya belajar melalui observasi, eksperimen, dan komunikasi dengan orang lain yang juga sangat penting sebagai fondasi utama bagi perkembangan anak di usia selanjutnya. Anda pun dapat membantunya berkembang dengan menyekolahkannya ke pendididan anak usia dini sejak usianya 2 tahun.
 
Jaman sekarang ini, banyak sekali ditemukan kasus-kasus anak dengan kebutuhan khusus dan SI (Sensory Integration). Kasus-kasus tersebut dapat terjadi kepada semua anak tanpa memilih latar belakang. Banyak sekali peneliti yang berusaha mencari tahu penyebabnya dan beberapa kesimpulan disebabkan mencari tahu penyebab era digital secara masif yang memudahkan akses anak terhadap penggunaan gadget, ditambah lagi kesibukan orang tua.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 17 Januari 20 - 14:30 WIB
Dalam Kategori : SEKOLAH FAVORIT DI SERPONG
Dibaca sebanyak : 300 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback