Calvin Russell
Blog Universitas Komputer Indonesia

Memilih Lakban Bening yang Berkualitas

Saat mengemas barang dalam jumlah besar, Anda tentunya membutuhkan kotak atau kardus. Agar barang yang Anda kemas dalam kotak atau kardus ini tidak berceceran bahkan rusak, Anda tentu perlu menyegelnya dengan lakban. Lakban sendiri adalah solusi penyegelan terbaik untuk mengemas kotak. Namun, Anda tetap perlu menggunakan lakban yang tepat untuk menyegel kotak atau kardus. Hal ini dikarenakan penggunaan lakban yang salah dapat menyebabkan kotak runtuh atau terbuka saat bergerak.

Itu pada akhirnya akan membuat barang-barang Anda menjadi rentan akan kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka pastikan Anda menggunakan clear tape berkualitas. Hal ini dikarenakan produk ini merupakan jenis lakban yang paling umum digunakan dan dipercaya memiliki kekuatan rekat yang baik. Untuk memahami lebih lanjut mengenai produk ini dan cara memilih lakban yang berkualitas, mari simak penjelasan di bawah ini.

Simak Juga: Lakban Hitam Besar

Karakteristik dari Lakban Bening

  1. Mampu menutupi segala permukaan, karena ukurannya yang besar.
  2. Memiliki daya rekat yang baik.
  3. Mampu melindungi permukaan dari kelembaban. Jadi, tidak perlu khawatir rusak akibat air.
  4. Terbuat dari Polypropylene Film
  5. Tahan panas
  6. Bisa larut di senyawa organik
  7. Tidak beracun
  8. Tahan pada bahan kimia
  9. Memiliki kelenturan yang baik

Saat ini, ada banyak produk yang dijual di pasaran dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun semua clear tape terlihat sama, tetapi Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Berikut ini adalah cara memilih lakban bening yang berkualitas.

1. Lebar

Secara umum, Anda akan menginginkan lakban dengan lebar 2-3 inci. Namun perlu Anda ketahui, lakban yang lebih lebar biasanya lebih kuat dan akan mampu menahan lebih banyak berat. Sedangkan, lakban yang tipis mungkin berguna untuk menggabungkan item di dalam kotak atau untuk melabel kotak. Adapun produk-produk ini memiliki berbagai variasi lebar. Mulai dari 24mm, 36mm, 45mm, 48mm, 60mm, sampai dengan 72mm. Semua bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Daya rekat

Saat memindahkan kotak, Anda membutuhkan lakban dengan daya rekat yang kuat. Untuk itu, pastikan Anda memilih produk tersebut dengan hot melt adhesive atau acrylic adhesive. Produk lakban dengan daya rekat yang lebih lemah, seperti selotip, tidak akan menempel pada kotak kardus.

3. Suhu

Ingatlah suhu kotak Anda (dan lakban) akan bertahan lama. Jika Anda mengirimkan barang dengan kotak, mereka mungkin melewati berbagai suhu dalam jangka waktu yang lama. Anda juga harus memikirkan suhu saat kotak tersebut berpindah. Jika kotak berpindah di hari yang panas, Anda perlu lakban bening yang bisa menahan panas tanpa kehilangan daya rekatnya. Untuk itu, pastikan Anda membeli lakban bening yang berbahan Polipropylene. Hal ini dikarenakan bahan Polipropylene merupakan polimer termoplastiik yang memiliki sifat tahan akan panas.

Itulah sedikit penjelasan mengenai produk kami dan cara memilihnya yang berkualitas.

Sumber: Harga Lakban Bening

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 26 Maret 21 - 15:11 WIB
Dalam Kategori : LAKBAN BENING
Dibaca sebanyak : 34 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback