Calvin Russell
Blog Universitas Komputer Indonesia

Jenis Atap SolarTuff Serta Kelebihannya

SolarTuff adalah salah satu produk atap transparan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan atap. Atap transparan ini biasanya digunakan sebagai atap jemuran, partisi ruangan, hingga skylight pada langit-langit rumah. Untuk mengenal lebih dalam mengenai atap ini, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Atap SolarTuff

Material atap ini merupakan lembaran plastik polycarbonate bening, dengan desain yang elegan, ringan, dan tidak mudah rusak, serta sangat tahan terhadap cuaca yang buruk dan perubahan cuaca yang tidak menentu. Berdasarkan jenisnya, material teesebut terbagi menjadi 3, yaitu Twinlite Gen 2.0, dan SolarTuff Solid. Dengan memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari akrilik, itu membuat kekuatan dari ketiga jenis material ini tidak perlu diragukan lagi. Bagi Anda yang ingin menggunakan atap berbahan tesebut untuk bangunan Anda, maka Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan desain interior ruangan Anda. Namun sebelum Anda memilih, ada baiknya untuk Anda menyimak penjelasan tentang perbedaan dan keuntungan yang bisa Anda dapat dari menggunakan atap jenis ini.

Cek Juga: Atap Polycarbonate

Perbedaan SolarTuff Solid, dan Twinlite Gen 2.0

Hal yang paling mudah untuk membedakan SolarTuff, SolarTuff Solid, dan Twinlite Gen 2.0 adalah melalui bentuknya.

  • Memiliki double layer atau multiwall yang dilengkapi dengan rongga membuat Twinlite Gen 2.0 memiliki ketebalan paling besar diantara ketiganya. Namun, walaupun Twinlite Gen 2.0 memiliki ketebalan yang besar, ia cenderung memiliki bobot yang cenderung ringan, yaitu 1100 g/m2 untuk ukuran tebal 5 milimeter.
  • Sedangkan, untuk SolarTuff memiliki bentuk yang bergelombang dengan 3 jenis gelombang, yaitu Greca, Roma, dan Trimdeck.
  • Sementara itu, SolarTuff Solid atau yang biasa disebut Solarflat memiliki bentuk permukaan yang sangat datar. Adapun ketebalan dari jenis ini dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan. 
Baca Juga: Atap Alderon

Kelebihan Dari Menggunakan Atap SolarTuff.

Dari perbedaan yang dijelaskan di atas, ketiga jenis ini memiliki kelebihan yang sama, yaitu.

1. Ruangan Tetap Dingin

Salah satu dari keunggulan atap transparan adalah kemampuannya untuk meredam panas. Material polycarbonate dalam atap transparan menjadikan atap ini sangat tahan terhadap sinar ultra violet dan membuat sejuk orang yang dinaunginya.

2. Tidak Mudah Terbakar

Selain mengantisipasi terjadinya sebuah kebakaran, Anda perlu mengetahui bahwa penggunaan material yang tidak mudah terbakar juga sangat penting. Atap tersebut tidak mudah terbakar mungkin dapat menjadi opsi bagi Anda yang ingin mencari atap yang cocok untuk material rumah Anda.

3. Lebih Kuat Daripada Kaca

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa atap transparan ini lebih kuat dibanding atap yang terbuat dari kaca. Untuk itu, jika Anda merencanakan untuk membuat sebuah garasi atau kolam renang dengan atap yang transparan, Anda langsung dapat memasang atap transparan yang jauh lebih kuat daripada kaca. Selain itu, penggunaan atap transparan ini juga dapat Anda gunakan untuk kurun waktu yang cenderung sangat lama.

4. Pemasangan Mudah

Pemasangan atap transparan yang cenderung lebih mudah membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih ntuk proses pemasangannya. Hal ini dapat menguntungkan bagi Anda karena selain biaya, waktu Anda juga tidak terbuang untuk memasang atap ini.

5. Mudah Dibersihkan

Anda tidak perlu khawatir jika atap transparan Anda terkena kotoran, debu atau bekas air hujan, karena atap ini cenderung mudah untuk dibersihkan. Anda cukup menggunakan sabun dengan kain lap yang bersih. Kotoran seperti debu atau bekas air hujan dapat dengan mudah dibersihkan.

Itulah kelebihan dari menggunakan atap transparan. Semoga dengan artikel di atas, Anda yakin untuk memilih atap berbahan transparanini sebagai atap bangunan Anda.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 02 Agustus 21 - 12:16 WIB
Dalam Kategori : ATAP SOLARTUFF
Dibaca sebanyak : 84 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback