Hal Menarik Seputar Mobil Jenazah

Hal Menarik Seputar Mobil Jenazah
Cargo Jenazah Jakarta - Isu kesedihan memang tak dapat di hindari, apalagi ditinggalnya saudara yang paling kita cintai.
 
Dibalik itu segala, banyak hal menarik yang jarang kita kenal. Mulai dari berapa tarif untuk menyewa mobilnya, macam mobilnya, dan berapa crewnya
 
Bentri Nanlohi pria asal Ambon yang telah 4 tahun menggeluti profesi ini mengubgkapkan secuil cerita-cerita menarik dibalik profesinya.
 
“Aku telah 4 tahun berprofesi sebagai driver kendaraan beroda empat jenazah, apabila ditanya menyukai kesedihan sih aku tak aku rasakan. Soalnya kan tiap profesi patut dirasakan”, ujarnya terhadap Carmudi Indonesia di Pejaten.
 
Pria 50 tahun ini telah melanglang buana mengantarkan Jenazah ke daerah peristirahatan terakhirnya. Malang sampai Pelembang malahan pernah disambanginya, demi menunaikan tugasnya.
 
Fakta Menarik Di balik Mobil Jenazah Yang Di INdonesia
 
Crew Sekali Pengantar
Disetiap pengantaran Jenazah, umumnya Bentri akan didampingi oleh 2 atau 3 orang lain. Untuk menolong mengangkat Jenazah menuju liang lahat, atau untuk penurunan jenzah menuju ke daerah peristirahatan terakhirnya.
 
Untuk tugas pengantaran, umumnya aku didampingi dengan 2 atau 3 orang lainnya. Namun tergantung sedang banyak atau tak tugas pengantarannya di hari itu, apabila banyak paling hanya 2 orang telah sama aku,” tutupnya.
 
Tarif Antar
Tarif antar sendiri umumnya dipatok harga mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu, untuk pengataran di Jakarta Sdangkan untuk pengantaran keluar Jakarta Rp 4.500 per kilometer dan dikali 2.
 
“Untuk tarif pengantaran keluar kota umumnya kami menghitungnya per kilometer dan dikali dua, sebab dihitung juga tarif untuk pulang juga,” terang Bentri.
 
Perjanjian Dalam Pengantaran
Sebelum menjalankan pengantaran Jenazah, perjanjian tertulis biasnya dihasilkan lebih-lebih dulu, supaya kelancaran pemakaman konsisten terjaga.
 
“Umumnya, sebelum menjalankan pengantaran kami akan membikin perjanjian. Tugas kami apa saja, dan apa saja yang dibutuhakan untuk melancarkan pengerjaan pemakamannya,” jelasnya.
 
Empat yang dipakai
Untuk macam kendaraan beroda empat pengantar jenazah, umumnya di pilih yang mempunyai ukuran yang besar untuk memuat Jenazah dan keluarga.
 
“Untuk kendaraan beroda yaitu kargo jenazah empat yang kami pakai sih ada 2, kendaraan beroda empat Nissan Evalia dan Daihatsu GranMax. Dan kapasitasnya paling banyak 6 orang. Crew 4 orang dan keluarga dari jenazah 2 orang” ujar Bentri.
 
Kelengkapan yang dibawah
Demi kelancaran porsesi pemakaman, umumnya kendaraan beroda empat ini akan membawa trolli, kaki-kaki Peti, dan kelengkapan lainnya.
 
“Umumnya sih kami bawa kelengkapan yang terkait dengan pemakaman, mulai dari peti, sarung tagan, sekali-sekali bunga”, tambahnya.
 
Profesi ini sering kali diangap sepele oleh sebagian orang, walaupun profesi ini terbilang mulia. Sebab tanpa mereka, kita akan kesusahan untuk menjalankan pengantaran jenazah sodara kita yang akan menuju ke daerah peristirahatan terakhirnya dengan jasa ambulance Jakarta.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 09 September 19 - 09:34 WIB
Dalam Kategori : MOBIL JENAZAH
Dibaca sebanyak : 246 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback